Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh _monggo pinarak ingkang sekeco_

Minggu, 05 Desember 2010

WARNA TEPAT = OTAK SEHAT = TUBUH SEGAR

Warna Tepat = Otak Sehat = Tubuh Segar


Mungkin selama ini kita sering menganggap enteng dari keberadaan warna dalam kehidupan ini, hanya dilihat sebagai sesuatu yang menyenangkan dan mencerahkan fungsi kerja mata manusia.

Tapi tahukah Anda bahwa warna memiliki manfaat yang jauh lebih besar, bahwasannya sebuah warna ternyata dapat menjadi sebuah terapi yang berguna untuk menyehatkan tubuh bagian dalam dan luar.

Karena warna merupakan unsur cahaya yang memiliki energi gelombang elektromagnetik berbeda-beda, pada saat cahaya ditangkap oleh sel-sel fotoreseptor retina (terdapat dalam organ mata) yaitu sel-sel kerucut.

Rangsangan tersebut diubah menjadi impuls listrik dan selanjutnya diterjemahkan oleh otak.
Lalu, impuls akan diteruskan ke bagian otak yang bernama hipofisis dan hipotalmus, yang akhirnya akan diproduksi oleh beberapa hormon tubuh yang saling terkait.

Untuk informasi, proses ini hanya dapat berlangsung pada seseorang yang susunan saraf pusat otaknya dalam keadaan normal, maksudnya tidak memiliki tumor pada otak.

Warna memiliki sifat terapi umum, dapat digunakan tak hanya untuk satu keperluan saja.

Nah, beberapa warna yang memiliki efek terapi umum tersebut, berikut akan hers sajikan untuk Anda simak dan mudah-mudahan dapat menghadirkan fungsi berarti untuk kehidupan Anda.

1. Biru
Dipercaya dapat membantu meningkatkan kelancaran berbicara pada balita Anda, kepercayaan, dan kemampuan ekspresi diri dapat pula ditingkatkan bila Anda melakukan meditasi dibantu oleh warna biru.
Konon, dalam bidang kedokteran umum dikatakan bahwa warna biru memiliki efek menenangkan, mengatur pola pernafasan menjadi lebih baik dan menjaga kinerja pembuluh darah.

2. Kuning
Jika Anda gunakan pada saat meditasi, warna ini dapat seolah-olah menimbulkan perasaan dari sanubari agar Anda dapat lebih menghargai diri sendiri, dan menghargai orang lain.
Membantu Anda untuk tersadar menyadari betapa tidak sempurnanya seorang manusia termasuk diri Anda sendiri, sehingga kemudian jadi lebih menghargai kelebihan dan bakat yang dimiliki oleh orang lain.
Warna kuning sangat baik digunakan sewaktu sedang meditasi di saat Anda sedang keletihan, karena warna ini dapat meredakan depresi yang dirasakan.
Selain itu, warna ini dapat meningkatkan kinerja memori Anda serta merangsang nafsu makan.

3. Indigo
Dibalik tampilan warnanya yang terkesan suram dan gelap, warna indigo (perpaduan warna biru dan ungu) ternyata memiliki segudang manfaat untuk Anda aplikasikan dalam keseharian.
Dalam ilmu meditasi, warna ini digunakan untuk memperbaiki/ menekan sifat egois.
Bagi mereka yang selalu merasa dirinya sangat hebat, selalu benar dan sering meremehkan input dari orang sekelilingnya, warna indigo adalah warna yang selalu digunakan seorang terapis saat sedang menangani pasien dengan kepribadian diri seperti tersebut di atas.
Dikatakan pula warna indigo mampu membantu seseorang yang mengalami gangguan kesehatan seperti keluhan nyeri di asam lambung, usus halus, dan usus dua belas jari.

4. Merah Muda
Warna yang diidentikkan dengan perempuan dan secara global sering digunakan sebagai ikon cinta ini memang memiliki efek yang merangsang sifat-sifat sensitif.
Romantisme yang dipancarkan dari warna merah jambu merupakan energi utama yang terkandung dalam spektrum warna tersebut.
Baik digunakan sebagai relaksasi otot-otot yang kelelahan, menekan nafsu makan, dan meningkatkan zat aprodisiak sewaktu Anda berada dalam lingkungan yang didominasi dengan warna ini.

5. Oranye
Secara tak langsung warna ini melambangkan suatu kreativitas, karena terkait dengan efek yang diberikan apabila seseorang melakukan meditasi dengan warna ini yang mengelilinginya.
Karena oranye dapat membuat seseorang menjadi bergairah dalam menciptakan sebuah karya seni melalui rangsangan kreativitas di impuls otak.
Sangat cocok bagi mereka yang sering tersendat dalam melontarkan ide-ide brilian baik secara verbal maupun non-verbal, tak hanya sampai di situ warna yang kerap dikaitkan dengan warna langit menjelang malam ini pun dapat memompa energi, dan merangsang nafsu makan ataupun sistem pencernaan.

6. Ungu
Efek yang ditimbulkan oleh warna ini adalah nuansa tenang sehingga sangat dianjurkan bagi mereka yang sedang menjalani terapi sulit tidur dan stres.
Ternyata warna ungu merupakan spektrum warna tertinggi dalam susunan spektrum warna baku.
Lalu, efek lain yang ditimbulkan dari warna yang sering diidentikkan bagi mereka yang berzodiak Sagitarius dan Libra juga bagus bagi mereka yang sedang menjalani program menurunkan berat badan dan dapat menekan penyakit migrain Anda untuk kembali kambuh.

7. Hitam
Warna yang melambangkan kekuatan, ketangguhan, serta kepercayaan diri yang dalam, dan keteguhan sebuah prinsip ini memiliki beberapa kegunaan seperti ampuh dalam membantu seseorang yang mengalami gangguan tidur hebat (sama sekali tidak dapat terlelap.
Warna ini pun dapat menekan rasa euforia dan jantung yang berdetak berlebihan dan terakhir dapat mengurangi nafsu makan.

8. Merah
Insting untuk mempertahankan diri, keberanian dan kekuatan, kestabilan, dan kenyamanan akan pencapaian diri, dilambangkan dan dieksplorasi dengan warna merah bila kita gunakan pada saat meditasi.
Warna yang menyegarkan mata ini memiliki efek yang tak kalah mutakhir untuk sisi kesehatan seseorang, yaitu meningkatkan denyut jantung, frekuensi pernafasan, dan darah.

Warna Warna oleh: Hoonanz
Pengarang : Rina

Tidak ada komentar: