Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh _monggo pinarak ingkang sekeco_

Kamis, 28 Oktober 2010

Beberapa Penyebab Bencana Di muka Bumi 


"Dari Buraidah r.a. berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Tiadalah suatu kaum yang menahan zakat hartanya, kecuali Allah akan mendatangkan bencana kelaparan kepada mereka.” (Hr. Thabrani; at Targhib, Kanzul ‘Ummal)


Beberapa Penyebab Bencana Di muka Bumi


"Dari Buraidah r.a. berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Tiadalah suatu kaum yang menahan zakat hartanya, kecuali Allah akan mendatangkan bencana kelaparan kepada mereka." (Hr. Thabrani; at Targhib, Kanzul 'Ummal)


Kesusahan hidup sedang melanda kita hingga tidak ada batasnya. Berbagai cara ditempuh untuk menghindarinya, tetapi tidak ada hasilnya.


Siapa yang dapat menolak azab Allah yang diakibatkan oleh dosa-dosa manusia?


Buatlah berjuta-juta rencana dan upaya penanggulangan, ciptakan beribu-ribu undang-undang, tetapi ketetapan yang datang dari Allah Swt. tidak akan hilang, kecuali Allah sendiri yang mampu menghilangkannya.


Allah Swt. telah memberi tahu penyakit dan pengobatannya.


Jika kita ingin menyembuhkan suatu penyakit, maka carilah pengobatan yang benar.


Kita sendiri yang menyebabkan datangnya penyakit dan kita sendiri yang menangis karena bahayanya.


Apakah kita merasa lebih tahu ?


Rasulullah saw. telah memberi peringatan mengenai semua penderitaan dan bencana di muka bumi ini dan juga memberitahukan penyebabnya.


Bencana-bencana itu diantaranya berupa kegelapan, pembenaman ke dalam tanah, hujan batu dari langit, perubahan wajah manusia, gempa bumi, kemenangan musuh terhadap orang islam, wabah dan kerusuhan, kemarau panjang, angin topan, ketakutan dalam hati, ditolaknya doa- doa orang saleh dan musibah-musibah lainnya.


Asbab dari semua musibah ini telah diberitahukan oleh Rasulullah 1. 400 tahun yang lalu. Dan sekarang kita telah mengalami sebagian darinya.


Setiap sabda Rasulullah adalah benar dan terbukti di hadapan kita.


Alangkah baiknya jika memperhatikan peringatan-peringatan itu dan berwaspada terhadapnya.


Rasulullah saw. telah diutus ke dunia ini sebagai rahmat bukan untuk orang islam saja, tetapi untuk seluruh makhluk.


Cara hidup Rasulullah saw. sangat bermanfaat bagi semua makhluk.


Apabila orang islam sendiri tidak melaksanakan cara kehidupan islam yang sebenarnya, bagaimana kita dapat menyalahkan cara hidup orang- orang non islam.


Orang-orang non islam sudah tentu tidak memahami cara hidup yang suci dari Rasulullah saw. yang telah mengajarkan untuk mendapatkan keselamatan dari segala bala bencana di dunia ini.


Kaitannya dengan masalah ini saya akan mengutip sabda-sabda Rasulullah saw. yang berisi peringatan (ancaman) terhadap orang-orang yang enggan membayar zakat, karena memang itulah maksud dari bab ini.


Abdullah bin Umar r.a. berkata bahwa suatu ketika Rasulullah saw. bersabda, "Wahai orang-orang Muhajirin, ada lima perkara yang jika kalian melakukannya, maka kalian akan menghadapi musibah yang besar. Saya meminta perlindungan kepada Allah dari keadaan kalian yang demikian.


*Pertama, apabila fahsya dan zina dilakukan oleh suatu kaum secara terang-terangan, maka akan muncul di kalangan mereka penyakit-penyakit yang tidak pernah didengar sebelumnya."


*Kedua, apabila manusia berbuat curang dalam timbangan, maka kemiskinan, kesusahan dan kezhaliman dari Raja (atau pemerintah) akan menimpa mereka."


*Ketiga, apabila suatu kaum berhenti dari membayar zakat, maka hujan tidak akan diturunkan kepada mereka. Jika tidak ada binatang-binatang, maka tidak akan diturunkan hujan walaupun setetes. Karena binatang-binatang itu makhluk Allah yang tidak bersdosa, maka sedikit hujan akan diturunkan kepada mereka."


*Keempat, apabila manusia telah berkhianat atas janji-janji mereka, maka mereka akan dikuasai oleh kaum lain, dan harta mereka akan dirampoknya."


*Kelima, apabila pemerintah-pemerintah di antara mereka membuat peraturan yang bertentangan dengan perintah- perintah Allah, maka akan terjadi perang saudara di antara mereka."


Hari ini kita dapat melihat sendiri keburukan-keburukan tersebut sudah terjadi di lingkungan kita.


Kita juga sudah dapat menyaksikan musibah- musibah sebagai balasannya.


Abdullah bin Abbas r.a. berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Ada lima akibat sebagai balasan dari lima perbuatan." Seseorang bertanya, " Apakah itu, Ya Rasulullah?" Rasulullah saw. menjawab, "Kaum yang memungkiri janji akan dikuasai oleh musuh mereka, Mereka yang menjalankan pemerintahan bertentangan dengan perintah-perintah Allah, akan terjadi kematian yang banyak di kalangan mereka. Hujan tidak akan diturunkan kepada kaum yang tidak menunaikan zakat. Mereka yang menipu dalam timbangan akan dibalas dengan kegagalan hasil pertanian, kesusahan dan kemiskinan akan menguasai mereka." (at Targhib)


Mungkin hadits ini telah disingkat- singkat sehingga pembawa berita hanya menyebutkan empat macam saja.


Dalam hadits ini dinyatakan bahwa akan terjadi banyak kematian karena pemerintah membuat peraturan yang bertentangan dengan perintah- perintah Allah, sedangkan dalam hadits sebelumnya dikatakan perang saudara, maka kedua perkara ini bisa dianggap berlainan.


Memang banyak kematian disebabkan perang saudara yang kini sedang terjadi di depan mata kita.


Dari Ali r.a. juga dari Abu Hurairah r.a. diriwayatkan bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Apabila ummatku melakukan lima belas keburukan berikut ini, yaitu (yang telah disebutkan dalam kedua hadits di atas) kewajiban zakat dianggap denda (yakni dengan menunaikannya akan dirasakan sebagai beban), maka pada masa itu akan terjadi kegelapan merah (bukan hitam), gempa bumi, tenggelam ke dalam tanah, perubahan wajah, hujan batu dari langit dan musibah-musibah lainnya akan turun satu demi satu seperti biji tasbih mulai jatuh satu demi satu apabila putus talinya."


Dalam kitab I'tidal samua riwayat- riwayat ini telah dibicarakan secara rinci dan di sana juga disebutkan mengenai lima belas keburukan yang menyebabkan datangnya azab–azab yang begitu pedih.


Disamping itu disebutkan juga mengenai masalah lain.

Tidak ada komentar: