Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh _monggo pinarak ingkang sekeco_

Selasa, 26 April 2011

Sang Penulis Kitab Al-Hikam, Syaikh Ibnu Aththoillah ra. 

 Dalam rangka meneladani kehidupan para kekasih Allah ra., kali ini kami sajikan tulisan tentang Kisah Kehidupan Syeikh Ibnu Aththailah penulis kitab Al-Hikam yang penuh hikmah. 

 Semoga Allah membimbing kita untuk mengambil bermanfaat…amin. 
======================================= 

 Kelahiran dan keluarganya 
Pengarang kitab al-Hikam yang cukup populer di negeri kita ini adalah Tajuddin, Abu al-Fadl, Ahmad bin Muhammad bin Abd al-Karim bin Atho’ al-Iskandari al-Judzami al-Maliki al-Syadzili. 
 
 Beliau berasal dari bangsa Arab.
 Nenek moyang beliau berasal dari Judzam yaitu salah satu Kabilah Kahlan yang berujung pada Bani Ya’rib bin Qohton, bangsa Arab yang terkenal dengan Arab al-Aa’ribah.
 Kota Iskandariah merupakan kota kelahiran sufi besar ini.
 Suatu tempat di mana keluarga beliau tinggal

=?UTF-8?B?ZGFuIGtha2VrIGJlbGlhdSBtZW5nYWphci4g4oCp?=
Kendatipun nama beliau hingga kini demikian harum,...
Date: Tue, 26 Apr 2011 12:51:07 +0800
Message-ID: <kZyqYlccRQn0.XvnqpPyz@nokia-free.smtp.mail.yahoo.com>
X-Mailer: EPOC Email Version 2.10
MIME-Version: 1.0
Content-Language: i-default
Content-Type: multipart/mixed;
boundary="EPOC32-cVtNgTMPrNF'gYPYtnlfgH4RMYvhVWr+HT,kZmjGDgmHv3Cf"

This is a MIME Message

--EPOC32-cVtNgTMPrNF'gYPYtnlfgH4RMYvhVWr+HT,kZmjGDgmHv3Cf
Content-Type: text/plain; charset=UTF-8
Content-Disposition: inline
Content-Transfer-Encoding: quoted-printable

Sang Penulis Kitab Al-Hikam, Syaikh Ibnu Aththoillah ra.=0D

Dalam rangka meneladani kehidupan para kekasih Allah ra., kali ini kami =
sajikan tulisan tentang Kisah Kehidupan Syeikh Ibnu Aththailah penulis =
kitab Al-Hikam yang penuh hikmah.=0D

Semoga Allah membimbing kita untuk mengambil =
bermanfaat=E2=80=A6amin.=0D
=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=
=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=3D=0D

Kelahiran dan keluarganya=0D
Pengarang kitab al-Hikam yang cukup populer di negeri kita ini adalah =
Tajuddin, Abu al-Fadl, Ahmad bin Muhammad bin Abd al-Karim bin =
Atho=E2=80=99 al-Iskandari al-Judzami al-Maliki al-Syadzili.=20
=20
Beliau berasal dari bangsa Arab.
Nenek moyang beliau berasal dari Judzam yaitu salah satu Kabilah Kahlan =
yang berujung pada Bani Ya=E2=80=99rib bin Qohton, bangsa Arab yang =
terkenal dengan Arab al-Aa=E2=80=99ribah.
Kota Iskandariah merupakan kota kelahiran sufi besar ini.
Suatu tempat di mana keluarga beliau tinggal dan kakek beliau mengajar. =

Kendatipun nama beliau hingga kini demikian harum, namun kapan sufi agung =
ini dilahirkan tidak ada catatan yang tegas.
Dengan menelisik jalan hidupnya DR. Taftazani bisa menengarai bahwa ia =
dilahirkan sekitar tahun 658 sampai 679 H.=0D

Ayah beliau termasuk semasa dengan Syaikh Abu al-Hasan al-Syadili =
-pendiri Thariqah al-Syadzil iyyah-sebagaimana diceritakan Ibnu =
Atho=E2=80=99 dalam kitabnya =E2=80=9CLathoiful Minan =E2=80=9C : =
=E2=80=9CAyahku bercerita kepadaku, suatu ketika aku menghadap Syaikh Abu =
al-Hasan al-Syadzili, lalu aku mendengar beliau mengatakan: =E2=80=9CDemi =
Allah=E2=80=A6 kalian telah menanyai aku tentang suatu masalah yang tidak =
aku ketahui jawabannya, lalu aku temukan jawabannya tertulis pada pena, =
tikar dan dinding=E2=80=9D.=0D

Keluarga Ibnu Atho=E2=80=99 adalah keluarga yang terdidik dalam =
lingkungan agama, kakek dari jalur nasab ayah beliau adalah seorang ulama =
fiqih pada masanya.
Tajuddin remaja sudah belajar pada ulama tingkat tinggi di Iskandariah =
seperti al-Faqih Nasiruddin al-Mimbar al-Judzami.
Kota Iskandariah pada masa Ibnu Atho=E2=80=99 memang salah satu kota =
ilmu di semenanjung Mesir, karena Iskandariah banyak dihiasi oleh banyak =
ulama dalam bidang fiqih, hadits, usul, dan ilmu-ilmu bahasa arab, tentu =
saja juga memuat banyak tokoh-tokoh tashawwuf dan para Auliya=E2=80=99 =
Sholihin.=0D

Oleh karena itu tidak mengherankan bila Ibnu Atho=E2=80=99illah tumbuh =
sebagai seorang faqih, sebagaimana harapan dari kakeknya.=20
Namun kefaqihannya terus berlanjut sampai pada tingkatan tasawuf.
Hal mana membuat kakeknya secara terang=C2=ACterangan tidak =
menyukainya.=0D

Ibnu Atho=E2=80=99 menceritakan dalam kitabnya =E2=80=9CLathoiful =
minan=E2=80=9D : Bahwa kakek belau adalah seorang yang tidak setuju dengan =
tasawwuf, tapi mereka sabar akan serangan dari sang kakek.
Di sinilah guru Ibnu Atho=E2=80=99 yaitu Syaikh Abul Abbas al-Mursy =
mengatakan: =E2=80=9CKalau anak dari seorang alim fiqih Iskandariah (Ibnu =
Atho=E2=80=99illah) datang ke sini, tolong beritahu aku=E2=80=9D, dan =
ketika aku datang, al-Mursi mengatakan: =E2=80=9CMalaikat jibril telah =
datang kepada Nabi bersama dengan malaikat penjaga gunung ketika orang =
Quraisy tidak percaya pada Nabi. Malaikat penjaga gunung lalu menyalami =
Nabi dan mengatakan: =E2=80=9D Wahai Muhammad.. kalau engkau mau, maka aku =
akan timpakan dua gunung pada mereka=E2=80=9D.
Dengan bijak Nabi mengatakan : =E2=80=9D Tidak=E2=80=A6 aku mengharap =
agar kelak akan keluar orang-orang yang bertauhid dan tidak musyrik dari =
mereka=E2=80=9D.=0D

Begitu juga, kita harus sabar akan sikap kakek yang alim fiqih (kakek =
Ibnu Atho=E2=80=99illah) demi orang yang alim fiqih ini=E2=80=9D.=0D

Pada akhirnya Ibn Atho=E2=80=99 memang lebih terkenal sebagai seorang =
sufi besar.=20
Namun menarik juga perjalanan hidupnya, dari didikan yang murni fiqh =
sampai bisa memadukan fiqh dan tasawuf.
Oleh karena itu buku-buku biografi menyebutkan riwayat hidup =
Atho=E2=80=99illah menjadi 3 masa :=0D
Masa pertama=0D
Masa ini dimulai ketika ia tinggal di Iskandariah sebagai pencari ilmu =
agama seperti tafsir, hadits, fiqih, usul, nahwu dan lain-lain dari para =
alim ulama di Iskandariah .=20
=20
Pada periode itu beliau terpengaruh pemikiran-pemikiran kakeknya yang =
mengingkari para ahli tasawwuf karena kefanatikannya pada ilmu fiqih, dalam =
hal ini Ibnu Atho=E2=80=99illah bercerita: =E2=80=9CDulu aku adalah =
termasuk orang yang mengingkari Abu al-Abbas al-Mursi, yaitu sebelum aku =
menjadi murid beliau=E2=80=9D.
Pendapat saya waktu itu bahwa yang ada hanya ulama ahli dzahir, tapi =
mereka(ahli tasawwuf) mengklaim adanya hal-hal yang besar, sementara dzahir =
syariat menentangnya=E2=80=9D.=0D

Masa kedua=0D
Masa ini merupakan masa paling penting dalam kehidupan sang guru pemburu =
kejernihan hati ini. Masa ini dimulai semenjak beliau bertemu dengan =
gurunya, Abu al-Abbas al-Mursi, tahun 674 H, dan berakhir dengan =
kepindahannya ke Kairo.=20
Dalam masa ini sirnalah keingkaran beliau terhadap ulama=E2=80=99 =
tasawwuf.
Ketika bertemu dengan al-Mursi, beliau jatuh kagum dan simpati.
Akhirnya beliau menjadi pengikutThariqah Syaziliyyah dan belajar =
langsung dari guru beliau ini.=0D
=20
Ada cerita menarik mengapa ia beranjak memilih dunia tasawuf ini.
Suatu ketika Ibn Atho=E2=80=99 mengalami goncangan batin, jiwanya =
tertekan.
Dia bertanya-tanya dalam hatinya : =E2=80=9CApakah seharusnya aku =
membenci tasawuf?
Apakah suatu yang benar kalau aku tidak menyukai Abul Abbas al-Mursi? =

setelah lama aku merenung, mencerna akhirnya aku beranikan diriku untuk =
mendekatnya, melihat siapa al-Mursi sesungguhnya, apa yang ia ajarkan =
sejatinya.=20
=20
Kalau memang ia orang baik dan benar maka semuanya akan kelihatan. =

Kalau tidak demikian halnya biarlah ini menjadi jalan hidupku yang tidak =
bisa sejalan dengan tasawuf.=0D

Lalu aku datang ke majlisnya.
Aku mendengar, menyimak ceramahnya dengan tekun tentang masalah-masalah =
syara=E2=80=99.
Tentang kewajiban, keutamaan dan sebagainya.=20
Di sini jelas semua bahwa ternyata al-Mursi yang kelak menjadi guru =
sejatiku ini mengambil ilmu langsung dari Tuhan.
Dan segala puji bagi Allah, Dia telah menghilangkan rasa bimbang yang =
ada dalam hatiku=E2=80=9D.
Maka demikianlah, ketika beliau sudah mencicipi manisnya tasawuf hati =
beliau semakin tertambat untuk masuk ke dalam dan lebih dalam lagi.
Sampai-sampai beliau punya dugaan tidak akan bisa menjadi seorang sufi =
sejati kecuali dengan masuk ke dunia itu secara total, menghabiskan seluruh =
waktunya untuk sang guru dan meninggalkan aktivitas lain.
Namun demikian beliau tidak berani memutuskan keinginannya itu kecuali =
setelah mendapatkan izin dari sang guru al-Mursi.=0D

Dalam hal ini Ibn Athoilah menceritakan : =E2=80=9CAku menghadap guruku =
al-Mursi, dan dalam hatiku ada keinginan untuk meninggalkan ilmu dzahir. =

=20
Belum sempat aku mengutarakan apa yang terbersit dalam hatiku ini =
tiba-tiba beliau mengatakan : =E2=80=9CDi kota Qous aku mempunyai kawan =
namanya Ibnu Naasyi=E2=80=99. Dulu dia adalah pengajar di Qous dan sebagai =
wakil penguasa.=20
Dia merasakan sedikit manisnya thariqah kita.=20
Kemudian ia menghadapiku dan berkata : =E2=80=9CTuanku=E2=80=A6 apakah =
sebaiknya aku meninggalkan tugasku sekarang ini dan berkhidmat saja pada =
tuan?=E2=80=9D.
Aku memandangnya sebentar kemudian aku katakan : =E2=80=9CTidak demikian =
itu thariqah kita. Tetaplah dengan kedudukan yang sudah di tentukan Allah =
padamu. Apa yang menjadi garis tanganmu akan sampai padamu juga=E2=80=9D =
.=0D

Setelah bercerita semacam itu yang sebetulnya adalah nasehat untuk diriku =
beliau berkata: =E2=80=9CBeginilah keadaan orang-orang al-Shiddiqqiyyin. =

Mereka sama sekali tidak keluar dari suatu kedudukan yang sudah =
ditentukan Allah sampai Dia sendiri yang mengeluarkan mereka=E2=80=9D . =

Mendengar uraian panjang lebar semacam itu aku tersadar dan tidak bisa =
mengucapkan sepatah katapun.
Dan alhamdulillah Allah telah menghapus angan kebimbangan yang ada dalam =
hatiku, sepertinya aku baru saja melepas pakaianku.=20
=20
Aku pun rela tenang dengan kedudukan yang diberikan oleh =
Allah=E2=80=9D.=0D

Masa ketiga=0D

Masa ini dimulai semenjak kepindahan Ibn Atho=E2=80=99 dari Iskandariah =
ke Kairo.
Dan berakhir dengan kepindahan beliau ke haribaan Yang Maha Kasih pada =
tahun 709 H.
Masa ini adalah masa kematangan dan kesempurnaan Ibnu Atho=E2=80=99illah =
dalam ilmu fiqih dan ilmu tasawwuf.=20
Beliau membedakan antara Uzlah dan Kholwah.=20
Uzlah menurut beliau adalah pemutusan (hubungan) maknawi bukan hakiki, =
lahir dengan makhluk, yaitu dengan cara si Salik (orang yang uzlah) selalu =
mengontrol dirinya dan menjaganya dari perdaya dunia.
Ketika seorang sufi sudah mantap dengan uzlah-nya dan nyaman dengan =
kesendiriannya ia memasuki tahapan khalwah.
Dan khalwah dipahami dengan suatu cara menuju rahasia Tuhan, kholwah =
adalah perendahan diri di hadapan Allah dan pemutusan hubungan dengan =
selain Allah SWT.=0D

Menurut Ibnu Atho=E2=80=99illah, ruangan yang bagus untuk ber-khalwah =
adalah yang tingginya, setinggi orang yang berkhalwat tersebut.=20
Panjangnya sepanjang ia sujud.
Luasnya seluas tempat duduknya.
Ruangan itu tidak ada lubang untuk masuknya cahaya matahari, jauh dari =
keramaian, pintunya rapat, dan tidak ada dalam rumah yang banyak =
penghuninya.=0D

Ibnu Atho=E2=80=99illah sepeninggal gurunya Abu al-Abbas al-Mursi tahum =
686 H, menjadi penggantinya dalam mengembangkan Tariqah Syadziliah.
Tugas ini beliau emban di samping tugas mengajar di kota =
Iskandariah.
Maka ketika pindah ke Kairo, beliau bertugas mengajar dan ceramah di =
Masjid al-Azhar.=0D

Ibnu Hajar berkata: =E2=80=9CSyaikh Ibnu Atho=E2=80=99illah berceramah di =
Al- Azhar dengan tema yang menenangkan hati dan memadukan perkatan-perkatan =
orang kebanyakan dengan riwayat-riwayat dari salafus soleh, juga berbagai =
macam ilmu.
Maka tidak heran kalau pengikutnya berjubel dan beliau menjadi simbol =
kebaikan=E2=80=9D.
=20
Hal senada diucapkan oleh Ibnu Tagri Baradi : =E2=80=9CIbnu =
Atho=E2=80=99illah adalah orang yang sholeh, berbicara di atas kursi Azhar, =
dan dihadiri oleh hadirin yang banyak sekali.
Ceramahnya sangat mengena dalam hati.
Dia mempunyai pengetahuan yang dalam akan perkataan ahli hakekat dan =
orang orang ahli tariqah=E2=80=9D.
Termasuk tempat mengajar beliau adalah Madrasah al-Mansuriah di Hay =
al-Shoghoh.=20
Beliau mempunyai banyak anak didik yang menjadi seorang ahli fiqihdan =
tasawwuf, seperti Imam Taqiyyuddin al-Subki, ayah Tajuddin al-Subki, =
pengarang kitab =E2=80=9CTobaqoh al-syafi=E2=80=99iyyah =
al-Kubro=E2=80=9D.=0D

Sebagai seorang sufi yang alim Syaikh Ibn Atho=E2=80=99 meninggalkan =
karangan sebanyak 22 kitab lebih.
Mulai dari sastra, tasawuf, fiqh, nahwu, mantiq, falsafah sampai =
khitobah.=0D

Karomah Ibn Athoillah=0D
Al-Munawi dalam kitabnya =E2=80=9CAl-Kawakib al-Durriyyah=E2=80=9D =
mengatakan: =E2=80=9CSyaikh Kamal Ibnu Humam ketika ziarah ke makam wali =
besar ini membaca Surat Hud sampai pada ayat yang artinya: =
=E2=80=9CDiantara mereka ada yang celaka dan =
bahagia=E2=80=A6=E2=80=9D.
Tiba-tiba terdengar suara dari dalam liang kubur Ibn Athoillah dengan =
keras: =E2=80=9CWahai Kamal=E2=80=A6 tidak ada di antara kita yang =
celaka=E2=80=9D.
Demi menyaksikan karomah agung seperti ini Ibnu Humam berwasiat supaya =
dimakamkan dekat dengan Syaikh Ibnu Atho=E2=80=99illah ketika meninggal =
kelak.=0D

Di antara karomah pengarang kitab al-Hikam adalah, suatu ketika salah =
satu murid beliau berangkat haji.
Di sana si murid itu melihat Ibn Athoillah sedang thawaf.=20
Dia juga melihat sang guru ada di belakang maqam Ibrahim, di =
Mas=E2=80=99aa dan Arafah.
Ketika pulang, dia bertanya pada teman-temannya apakah sang guru pergi =
haji atau tidak.
Si murid langsung terperanjat ketika mendengar teman-temannya menjawab =
=E2=80=9CTidak=E2=80=9D.
Kurang puas dengan jawaban mereka, dia menghadap sang guru.=20
Kemudian pembimbing spiritual ini bertanya : =E2=80=9CSiapa saja yang =
kamu temui ?=E2=80=9D
lalu si murid menjawab : =E2=80=9CTuanku=E2=80=A6 saya melihat tuanku di =
sana =E2=80=9C.
Dengan tersenyum al-arif billah ini menerangkan : =E2=80=9COrang besar =
itu bisa memenuhi dunia. Seandainya saja Wali Qutb di panggil dari liang =
tanah, dia pasti menjawabnya=E2=80=9D.=0D
=20
Ibn Atho=E2=80=99illah wafat=0D
Tahun 709 H adalah tahun kemalangan dunia maya ini.
Karena tahun tersebut wali besar yang tetap abadi nama dan kebaikannya =
ini harus beralih ke alam barzah, lebih mendekat pada Sang Pencipta.
Namun demikian madrasah al-Mansuriyyah cukup beruntung karena di situlah =
jasad mulianya berpisah dengan sang nyawa.
Ribuan pelayat dari Kairo dan sekitarnya mengiring kekasih Allah ini =
untuk dimakamkan di pemakaman al-Qorrofah al-Kubro.[]=0D

Sumber =
Tulisan:http://serambitashawuf.wordpress.com/2011/01/23/sang-penulis-kitab-a=
l-hikam-syaikh-ibnu-aththoillah-ra/
--EPOC32-cVtNgTMPrNF'gYPYtnlfgH4RMYvhVWr+HT,kZmjGDgmHv3Cf
Content-Type
: image/jpeg
Content-Disposition: attachment;
filename="alhikam1.jpeg"
Content-Transfer-Encoding: base64
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--EPOC32-cVtNgTMPrNF'gYPYtnlfgH4RMYvhVWr+HT,kZmjGDgmHv3Cf--

Tidak ada komentar: