Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh _monggo pinarak ingkang sekeco_

Rabu, 11 Agustus 2010

SHOLAT TARAWIH

SHOLAT TARAWIH

Sholat Tarawih ialah Sholat malam yang di kerjakan pada Bulan Ramadhan. Sholat ini hukumnya Sunah Muakkad(Muakakad ialah Sunah yang sangat di anjurkan untuk mengerjakannya), boleh di kerjakan sendiri atau berjamaah. Tapi kalau berjamaah lebih entheng/ ringan dari pada sendiri, karena cuma mengikut Imam saja sudah beres(dan kelihatan kompak jadi tambah semangat). Kalau sendiri, waduh repot kadang ngantuknya tidak tertahankan.

Sholat Tarawih ini di lakukan sesudah Sholat Isya' sampai waktu fajar. Bilangan raka'atnya yang pernah di lakukan Rosulull0h SAW, ada delapan raka'at. Umar bin Khothob mengerjakannya sampai 20 raka'at. Amalan Umar bin Kothob ini di sepakati oleh Ijma'.


CARA MENGERJAKAN SHOLAT TARAWIH

Tiap-tiap dua raka'at di akhiri dengan salam. Setelah selesai Sholat Tarawih hendaknya di teruskan Sholat Witir, sekurang-kurangnya satu raka'at, tapi umumnya Sholat Witir di kerjakan 3 raka'at 2 salam dan boleh juga di kerjakan 3 raka'at 1 salam.

Sholat Tarawih, surat yang di baca setelah Alfatehah pada tiap-tiap raka'at boleh surat-surat yang mana saja yang kita kehendaki. Umpamanya mulai dari surat At-Takatsur (Al-haakumut-takaatsur) sampai surat Lahab (Tabbat yadaa Abii Lahabin), sedang pada raka'at kedua setelah membaca Fatehah yang di baca boleh sembarang surat, tetapi di utamakan surat Al-Ikhlash (Qul huwalloohu ahad).


Lafazh / niatnya :
Usholli sunnatat-taraawiihi rok 'ataini (ma'muuman/imaaman) lillaahi ta'aalaa.

Artinya :
"Aku niat sholat sunah tarawih dua rakaat (makmum / jadi imam) karena All0h Ta'alla."

Tidak ada komentar: